Rinjani punya cerita

Danau Segara Anakan

Danau Segara Anakan

Pertama kali lihat kemegahannya adalah tahun 2013 ketika itu saya sedang melakukan survei terumbu karang di Gili Sulat,saya menengok ke arah kanan dan kiri dua gunung menjulang tinggi satu di Pulau Lombok (Rinjani)  dan satu lagi di Pulau Sumbawa (Tambora). Teman saya bercerita kalau kamu ke Lombok belum lengkap rasanya sebelum mencoba untuk naik ke sana. Berpikir sejenak, apakah saya bisa???

Bulan Mei 2015 

Bertepatan dua hari libur ke jepit saya memberanikan diri untuk berjalan ke luar bukan ke laut dan bukan juga kerjaan, yap melihat kemegahan istana Dewi Anjani, sebuah gunung kokoh berdiri megah di Pulau Lombok dengan ketinggian 3726 di atas permukaan laut. Banyak yang bilang gunung ini merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia, ungkapan yang bukan pemanis saja.

Gunung Rinjani memang surganya petualang, sebab disini ada semua yang di gunung lain tak ada hehe. Beberapa aktivitas lain bisa kita coba di sini seperti memancing ikan di Danau Segara Anakan. Baik ketika memulai perjalanan melalui jalur Sembalun maupun Senaru mata akan selalu dimanjakan oleh indahnya hamparan savana luas, selain itu ada satu rute yang sanggat saya sukai ketika berjalan turun dari Pelawangan Sembalun menuju ke Danau Segara Anakan berupa batu besar di sini kita bisa melihat hamparan tebing-tebing gunung membentuk sebuah lubang dengan satu pandangan besar berupa Danau Segara Anakan, meskipun sedikit lelah dan capai semuanya terbayarkan oleh Cantiknya paras Dewi Anjani. Sekali lagi Rinjani memberikan saya satu pelajaran berharga bahwa sebuah gunung bukanlah untuk ditaklukan tapi bagaimana kita bisa menaklukan diri sendiri untuk bersikap wajar dan tidak sombong yang pasti tetap mawas diri.

Sekali lagi Terima kasih kepada teman-teman Penggiat Alam Bebas serta kepada mas Budi Trayantoro yang mau berbaik hati membagikan sebagian foto kamera nya untuk saya tuliskan di sini.. satu lagi jangan buang sampah sembarangan ya.

Leave a Reply

