Taka Bonerate National Park, The World’s 3rd Largest Atoll Reef

Taman nasional Takabonerate merupakan salah satu lokasi taman nasional yang hampir sebagian lokasinya berupa lautan, dengan luas wilayah sebesar 530.765 ha menjadikan Takabonerate sebagai salah satu lokasi terumbu karang atoll ketiga di dunia setelah Kwajilein atoll dan Suvadiva Atolls keduanya berada di Kepulauan Marshall.  Taman nasional Takabonerate juga merupakan salah satu lokasi yang cukup populer dikalangan travel, salah satu lokasi yang banyak dijadikan tujuan destinasi wisata adalah Pulau Tinabo.

Sekedar informasi tambahan untuk menuju ke sini diperlukan waktu yang tidak singkat setibanya di Benteng,Selayar, kita diharuskan untuk menuju Pelabuhan Patumbukan menggunakan jalur darat kurang lebih 1,5-2 jam. Lalu dari sini bisa menggunakan kapal masyarakat yang bisa di sewa untuk langsung menuju ke kawasan Taman Nasional (Pulau Tinabo) dengan waktu perjalanan kurang lebih 5-6 jam.

Pulau Tinabo 

Pulau Tinabo merupakan salah satu pulau yang banyak dijadikan sebagai tempat destinasi wisata, jika kamu menyukai suasana sepi jauh dari hiruk pikuk kota dengan tiga aktifitas wisata yang bisa kamu lakukan di sini adalah wisata selam (diving), snorkling, dan bermain cano. Kalau kamu suka fotografi, kamu bisa mengabadikan sunrise dan sunset setiap harinya, selain itu ada hal unik yang bisa kamu temukan di sini  yaitu bermain bersama baby black thip shark yang bermain-main tiap harinya di pesisir pulau.

Ekspedisi Takabonerate

Dengan banyaknya ancaman terhadap sumberdaya pesisir menuntut adanya ketersediaan data terkait kondisi ekologi terumbu karang. Database terkait kondisi sumberdaya pesisir merupakan salah satu input yang dibutuhkan sebagai alat dalam penentu kebijakan yang sudah ada. Berangkat dari kebutuhan tersebut WCS (Wildlife Conservation Society) bersama pihak pengelola kawasan Balai Taman Nasional Takabonerate melakukan dua kajian utama berupa survei sosial ekonomi untuk melihat persepsi masyarakat di wilayah Taman Nasional terkait sumberdaya pesisir serta kajian ekologi terumbu karang sebagai langkah awal dalam memetakan kondisi terkini terkait kondisi terumbu karang di Taman Nasional Takabonerate. Kegiatan ini sendiri bertajuk Ekspedisi Takabonerate yang sudah dilakukan pada tanggal  6-30 April.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s