Explore Indonesia : Pulau yang terlupakan, Maluku Barat Daya

Maluku Barat Daya

Maluku Barat Daya

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang sangat besar, wilayah perairan laut yang luas serta potensi pulau-pulau kecilnya  merupakan salah satu keuntungan tersendiri, di satu sisi akses, sarana dan prasarana yang terbatas mungkin masih menjadi satu permasalahan klasik wilayah di Indonesia timur

Pulau yang terlupakan begitulah kesan yang saya dapat ketika menyusuri pulau-pulau kecil di sekitar Maluku Barat Daya. Maluku Barat Daya sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

This slideshow requires JavaScript.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama WWF Indonesia, Wildlife Conseration Society Indonesia Program dalam rangka  penilaian kawasan konservasi perairan untuk perikanan berkelanjutan. Beberapa aspek yang diukur adalah kelimpahan dan biomassa ikan karang serta tutupan karang hidup, selain itu diukur juga reef rugosity untuk melihat secara lebih mendetail terkait kondisi perairan di Maluku Barat Daya. Dalam kegiatan ini saya juga bernostalgia dengan kawan lama saya Taufik dimana terakhir kita melakukan penyelaman bersama di tahun 2009 dalam  kegiatan XPDC Biak ketika berstatus sebagai mahasiswa.

Tipe perairan yang cukup dalam menandakan khas perairan laut banda dengan tipe karang yang membentuk dinding atau wall yang dimulai dari kedalaman 5 hingga 6 meter merupkan hal yang menarik yang kita temukan,  kondisi demikian menjadikan lokasi tersebut umumnya terhindar dari kegiatan yang merusak seperti pengeboman selain itu pergerakan arus serta pertemuan dua massa air yang berbeda  menjadikan perairan kaya akan produktivitas plankton, betapa tidak kami menjumpai banyak sekali jenis ikan setiap kali penyelaman, bahkan ikan napoleon (Cheilinus undulatus, hiu baik jenis white thip dan black thip hampir  terdata di setiap kali penyelaman. Tercatat pula di satu titik bernama Magic corner kami menjumpai satu ekor hiu martil  (Hammerhead shark). Satu lokasi lain bernama  Jagatutun kami jumpai ratusan schooling ikan kakap tak lama kemudian scholling barracuda pengalaman menakjubkan bagaimana si ikan ini relatif cukup dekat kurang lebih 2 meter di atas kepala saya, kesempatan ini tak saya sia-siakan untuk menggambil beberapa foto.

Akses yang sulit untuk menuju pulau ini mungkin menjadi salah satu alasan lokasi ini terisolir dari dampak-dampak kegiatan yang merusak, namun di satu sisi akses yang sulit juga menjadi salah satu persoalan lain terkait kebutuhan dan masyarakat pesisir. Itulah sedikit gambaran mengenai kondisi pulau-pulau di Indonesia yang cukup jauh dan sulit untuk di akses sebagaimana janji pemerintah yang akan mencoba menggalihkan sebagian subsidi BBM untuk pembangunan sarana dan prasarana di pulau-pulau wilayah Indonesia. Semoga bukan hanya sekedar wacana sehingga pulau-pulau kecil kita sedikit mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat, khususnya kepada masyarakat pesisir.

Kondisi karang dan ikan karang yang masih cukup baik menandakan sedikitnya gangguan dari aktifitas manusia, upaya konservasi merupakan salah satu solusi jangka panjang agar bisa dimanfaatkan secara lestari

Cara-cara dan upaya pelestarian laut merupakan salah satu upaya untuk menjaga keberlangsungan sumberdaya hayati laut untuk masa depan, pembentukan suatu kawasan konservasi mutlak diperlukan sebagai kawasan bagi perlindungan parsial atau total terhadap eksploitasi manusia, yang tidak kalah pentingnya adalah pembentukan suatu kawasan perlindungan juga harus memperhatikan pendekatan berbasis masyarakat karena pada akhirnya masyarakat pesisir jugalah yang nantinya memanfaatkan hasil tangkapan sebagai mata pencaharian untuk dimanfaatkan sendiri atau untuk dijual kembali.

———————————————————————————————————————————

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s