Simulasi Penanggulangan Mamalia terdampar

Indonesia yang dikenal sebagai negara yang terdiri dari pulau-pulau kecil dengan panjang garis pantai yang katanya mencapai hingga ratusan ribu kilometer tentunya menyimpan berbagai macam kendala, salah satunya adalah belum terbentuknya suatu komunitas atau sistem bagaimana cara penanganan apabila ditemukan mamalia laut yang terdampar. Diinisiasi oleh Whale Strandings Indonesia, organisasi yang fokus terhadap penanganan dan manajemen penanggulangan terhadap penanganan mamalia terdampar bekerja sama dengan Ocean Park- Hongkong. Saya bersama teman-teman lain mengikuti pelatihan simulasi bagaimana cara penanggulangan mamalia yang terdampar. Pelatihan ini umumnya mensimulasikan penanganan dan cara-cara menghadapi mamalia laut yang terdampar.Salah satunya kita dituntut untuk menjadi seorang first responder.

Mari Kita Foto Dulu

Mari Kita Foto Dulu

Sanur Beach Hotel, Bali

Sanur Beach Hotel, Bali

Simulasi Penanganan Mamalia Terdampar di Kolam

Simulasi Penanganan Mamalia Terdampar di Kolam

Simulasi Penanganan Mamalia Terdampar

Simulasi Penanganan Mamalia Terdampar

Pada pelatihan ini kita diajari bagaimana cara penanganan ketika memindahkan dan menyelamatkan mamalia terdampar berikut mengenai cara-cara memindahkannya ke area pantai, kemudian melakukan langkah-langkah pertolongan pertama terhadap mamalia yang terdampar, bagaimana mengembalikan mamalia yang terdampat tersebut kembali ke laut, dan penangan apabila menemukan mamalia yang cukup banyak terdampar (terdampar massal).

Hal-hal yang harus dilakukan, apabila menemukan mamalia yang terdampar adalah :

  1. Cek kondisi mamalia yang tedampar tersebut dengan merasakan udara yang keluar dari lubang pernapasan (blowhole), kemudian bersihkan blowhole tersebut dari benda-benda yang menghalangi pernapasan mamalia tersebut, lihat apakah masih ada refleks, khususnya di bagian mata saat disentuh, lubang pernapasan apakah menjadi ketat saat disentuh, rahang yang tidak mau dibuka secara paksa, ada perlawanan dari mamalia tersebut ketika sirip dada disentuh. Apabila terdapat kondisi-kondisi di atas maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah menyiapkan handuk atau selimut basah dan ember agar mamalia tersebut tetap terjaga suhu tubuhnya, lalu siapkan tandu, matras yang lunak agar mamalia tersebut merasa nyaman dan tidak stress. Selama penanganan tersebut lakukan selalu berkoordinasi dengan masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan di wilayah tersebut serta minimalisasi suara yang bisa menyebabkan mamalia tersebut mengalami stress.
  2.  Cara penanganan biota ke laut merupakan hal yang harus dilakukan secara detail dengan mencatat beberapa informasi mengenai kondisi mamalia laut tersebut dengan menghitung kecepatan bernafas, serta minimalisasi  suara-suara yang dapat menyebabkan mamalia laut mengalami stress, ketika mengembalikan ke laut pastikan bagian kepala mamalia tersebut mengarah ke laut agar tidak menyebabkan disorientasi arah dan posisi terhadap mamalia tersebut.
  3. Pelatihan ini juga mensimulasikan bagaimana penanganan ketika menemukan mamalia dengan kondisi mati,  pada bagian ini biasa dilakukan oleh dokter hewan dengan mengambil beberapa sampel (kulit, daging, lapisan lemak, gigi) untuk diidentifikasi spesies, umur, bisa juga untuk mengetahui penyebab mamalia ini terdampar. Hal yang wajib diperhatikan adalah beberapa jenis mamalia laut umumnya yang sudah mati membawa berbagai jenis parasit alami yang sangat banyak, sehingga upayakan jangan menyentuh dengan tangan kosong dan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi bangkai mamalia tersebut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s