Lepas Landas Sarjana: Waspada Dira Anuraga

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

My Friend Of ITK44

My Friend Of ITK44

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Keluarga FDC-IPB

Keluarga FDC-IPB

Agustus 2007-23 April 2013

Kelulusan adalah hal biasa, tapi bagaimana kita bisa mengisi kelulusan tersebut menjadi luar biasa dengan sebuah cerita dan pengalaman berharga.

Masih Terbesit dalam ingatan saya ketika menjejakan kaki di IPB lima tahun silam, bisa dibilang banyak sekali pelajaran berharga yang saya petik ketika berstatus mahasiswa mulai dari perubahan pola pikir, pembentukan sikap dan mental, belajar bagaimana bisa berguna untuk orang lain.

Bisa dibilang Ini adalah sebuah pengalaman yang berharga untuk dikenang, bagaimana  saya pernah merasakan nilai akademis  yang jatuh, belajar menghadapi setiap masalah yang ada bukan berlari untuk mencari masalah baru, belajar bagaimana berintrospeksi diri untuk mencoba memperbaiki kesalahan yang saya buat dan yang paling penting adalah membangun sebuah kepercayaan diri ketika bertemu orang, menjalin suatu networking, belajar ikhlas dan bersabar untuk mencapai sesuatu hehehe.

Mencoba kembali bernostalgia tentang perjalanan mahasiswa  saya yang tidak jauh-jauh  dari yang namanya laut. yap ijinkan saya mencoba mengenang kembali sebuah perjalanan yang luar biasa bersama teman-teman FDC-IPB.

Hari itu langit terlihat cerah, panasnya matahari membuat keringat mendidih, waktu itu sekitar bulan Juni 2008. Predikat saya sebagai mahasiswa jurusan kelautan tingkat pertama saya awali dengan pembelajaran mengenai latihan menyelam di laut.

Hari dimana saya untuk pertama kalinya keluar dari hiruk pikuk kota dan bertemu dengan laut yang sesungguhnya. yup hari itu merupakan awal mula saya belajar bagaimana menjadi seorang penyelam. Setelah melalui rangkaian pendidikan dan latihan mengenai pengantar akademis penyelaman dan beberapa latihan keterampilan kolam , kami memulai kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama pendidikan dan latihan dengan kegiatan latihan perairan terbuka.  Kegiatan latihan perairan terbuka ini dilaksanakan di Pulau Semak Daun, bagian dari Kepulauan Seribu. Dengan waktu latihan selama kurang lebih seminggu, kami belajar dari menggunakan alat dasar selam hingga tiga hari-hari terakhir menggunakan alat SCUBA.

Waktu itu kami berjumlah total 16 orang dari 51 orang yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan FDC -IPB , Hari pertama dihabiskan untuk kegiatan materi dasar selam. Materi dasar selam ini terdiri dari renang 200 meter serta upnea sejauh kurang lebih 25 meter, sepanjang darmaga Pulau Semak Daun. Laut tampak tidak berdasar ketika saya memulai untuk melakukan renang sejauh 200 meter dan Upnea sepanjang darmaga.

friends  of 25

Hal-hal yang baru menurut saya ketika kita harus melakukan kegiatan buang air besar tanpa adanya WC, maka terpaksa pulalah kita bergaul dengan pasir, rupanya keterbatasan di alam memang harus memaksa kita untuk beradaptasi.

Hari-hari berikutnya dihabiskan dengan latihan serta briefing penyelaman, pada saat briefing ini kesalahan dan skill penyelaman kita dievaluasi secara menyeleruh. Ada satu cerita lucu ketika saya bersentuhan langsing dengan karang api, waktu itu mentor saya menyuruh untuk netral 90 di atas karang api, dasar karena pengetahuan saya yang kurang cukup mengenai bentuk dan jenis karang api, tak sengaja kulit saya bersentuhan langsung dengan karang, rasanya bisa dibilang cukup panas hahahahaha, kenangan yang tidak akan pernah saya lupa seumur hidup saya…..

Banyak sekali pembelajaran yang bisa dipetik bagaimana FDC bisa mengantarkan saya berjalan melihat keindahan nusantara, Biak, Wakatobi, Halmahera, Manado yap sebuah perjalanan yang indah untuk dikenang….terima kasih atas kesempatan untuk beraktualisasi diri selama lima tahun (Waspada Dira Anuraga – Tenang, Berpikir, Bertindak) maju terus FDC-IPB!

14105_1358538771936_299385_n

Gua Jepang, Biak (XPDC X Zooxhanthellae)

Pulau Seribu

Pulau Seribu

Leave a Reply

