It so Amazing dive in Tanjung Makwoy

Kamu tinggal duduk dan diam sambil menengok kiri dan kanan, sepanjang perjalanan yang ada hanya tebing-tebing yang ditumbuhi  pohon hijau, di bawahnya menyatu hamparan biru yang namanya laut, jujur saya merasa kecil sebagai makhluk tuhan its so Amazing bisa ke sini

Papua selalu meninggalkan kesan mendalam kepada saya, khususnya mengenai keindahan bawah lautnya, kali ini saya akan bercerita mengenai penyelaman yang saya lakukan di Kepulauan Batanta, tepatnya berada di ujung timur Pulau Batanta, Raja Ampat yaitu Tanjung Makwoy.

Hari itu cuaca cukup mendung, hari berjalan begitu cepat tatkala kapal yang mengantar kami kepada penyelaman ke-2 pada hari itu. Tempat yang akan kami selami ini merupakan sebuah gosong terumbu yang berada cukup jauh dengan pulau Batanta, sejauh mata memandang ke bawah laut terlihat dalamnya lautan berwarana biru dan jernih. Gosong terumbu (patch reefs), terkadang disebut juga sebagai pulau datar (flat island). Terumbu ini tumbuh dari bawah ke atas sampai ke permukaan.

Kapal pun berputar mencari tempat yang agak dangkal denggan menggunakan GPS map sounder terlihat bahwa kedalaman perairan yang akan kami selami memiliki kedalaman hingga 30 meter. Ada perasaan cukup menantang di hati saya ketika melihat arus yang cukup lumayan kencang, sehingga saya pun harus berharti-hati agar tidak terbawa ke tengah laut.

“Ok, ready Dive? pertanyaan Pa Nixon kepada saya ketika kami akan turun cukup membuat saya merasakan terhanyut dan tak sabar untuk menuju ke dasar perairan. Kami berdua pun turun sejaih mata memandang saya masih bisa merasakan arus yang cukup membuat tubuh saya mengayun pelan ketika berada di dasar perairan.

kontur dasar perairan yang masih banyak ditemukan patahan karang

Kontur dasar perairan yang cukup flat dan visibility yang cukup baik, namun sayang maih terlihat banyak patahan karang di titik ini. Saya pun memulai membentangkan roll meter sepanjang 50 meter di dasar perairan…

Waktu terasa begitu cepat ketika muncul sesosok hiu jenis white tips dan black tips berjumlah kurang lebih 5 ekor berputar mengelilingi saya. hmmmm jujur ada perasaan sedikit takut ketika langsung melihatnya, saya pun mencoba menunduk dan memeluk dasar perairan. Si makhluk ini tampak mendekat dan mencoba mencari tahu, kami pun berdekatan kurang lebi sekitar 6 meteran , wow jantung saya pun berdetak lumayan cepat..waktu dan perjumpaan yang lumayan singkat, perlahan si makhluk pun menjauh dan menghilang entah ke mana, saya pun cukup waspada untuk selalu meilhat ke depan dan ke belakang ada perasaan jiper juga takut-takut diserang dari belakang hahahaha…..

Kondisi perairan yang cukup jernih, saya pun menjumpai berbagai jenis ikan kerapu, dengan panjang saya perkirakan kurang lebih sekitar 1 meteran, wow ikan kerapu yang belum pernah saya lihat sebesar itu…hmmm yang cukup menarik adalah banyak juga jenis ikan GT yang tampak berputar-putar di depan saya….

hiu jenis black thip yang sempat saya foto, namun kurang jelas

Tak terasa waktu 1,5 jam berlalu kami pun menyudahi penyelaman hari itu, hari ini mungkin hari biasa bagi sebagian orang tapi tidak bagi saya pertemuan saya dengan si makhluk bergigi tajam benar-benar memberikan kesan mendalam bagi saya

Hari itu kami langsung pulang menuju sorong, sepanjang perjalanan pulang saya disuguhkan dengan keindahan senja matahari…

It’s very romantic dawn!

Yeah i like it

Sunset dan sunrise, saat alam tidak pernah berhenti mempesona kita, saat warna dan torehan garis di langit bisa berbeda setiap harinya, it’s like romantic dawn! i like it.

By Sukmaraharja Aulia Rachman Tarigan @auliatarigan

#RajaAmpat #Batanta #Coret-coret

6 thoughts on “It so Amazing dive in Tanjung Makwoy

  1. Pingback: mempromosikan blognya Si Ndut. « sugar and spice and everything nice

Leave a Reply

