Menyelam di Pulau Tonda, Banten

Ini hanya sekedar berbagi  dan pendapat saya mengenai PuLau Tonda, Serang, Banten. Banyak yang masih belum mengetahui bahwa masih terdapat Pulau yang terletak di Utara Pulau Jawa yang berada di Provinsi Banten. Menurut saya pulau ini bisa dijadikan tujuan alternatif  wisata menyelam dan memancing selain Kepulauan Seribu yang sudah sering dan banyak dikunjungi warga ibukota ketika akhir pekan.

Pulau Tonda

Pulau Tonda ini dapat ditempuh dengan perjalanan laut selama 2 jam menggunakan kapal sewaan melalui Pelabuhan Karang Hantu, Serang. Kesempatan menuju pulau tersebut saya lakukan ketika melakukan survey ekologi dalam pendataan ekosistem terumbu karang. it’s so amazing banyak hal-hal yang berbeda apabila dibandingkan dengan Kepulauan Seribu.

Pertama adalah mengenai kejernihan perairan dimana visibility yang baik dimana saya masih bisa melihat buddy (teman) penyelam saya dalam jarak kurang lebih 20 meter.

Kedua adalah mengenai tutupan karang keras yang masih rapat, di sini banyak ditemui karang dengan jenis Acropora, Porites, Massivem Montipora dsb. hal ini bisa ditemui pada lokasi bagian Utara Pulau Tonda.

kondisi substrat dasar perairan Pulau Tonda yang masih didominasi oleh karang keras

Ketiga adalah masih dapat dijumpai berbagai jenis ikan ekonomis penting seperti ikan dari famili Caesionidae (Ikan ekor kuning) spesies Caesio teres dengan jumlah menggerombol membetuk schooling. Beberapa jenis ikan herbivorus seperti famili Acanthuridae masih banyak juga dijumpai, hal inilah yang membedakan dengan Perairan Pulau Seribu. Selain itu hal yang menarik lainnya adalah saya sempat menjumpai Muraenidae, spesies Gymnothorax javanicus, jarang-jarang sekali saya bisa menikmati hal ini.

Gymnothorax javanicus

Keempat adalah kontur dasar perairan dengan kondisi flat hingga slope jadi untuk penyelam pemula tidak perlu merasa khawatir.

visibility it’s ok !!!

Pada bagian selatan memang masih banyak dijumpai beberapa karang yang hancur mungkin disebabkan adanya aktivitas penggerukan untuk membuat pelabuhan.

Bagi yang ingin menuju ke Pulau Tonda disarankan untuk berhatihati sebab kondisi arus permukaan relatif cukup kencang sehingga disarankan apabila ingin berlibur disarankan untuk membawa fins tipe Open Heel. Well Pulau Tonda bisa kok dijadikan alternatif untuk kegiatan wisata bawah air, namun masih cukup disayangkan untuk menuju ke Pulau ini masih dibutuhkan harga yang cukup mahal dengan sewa kapal sebesar Rp 750.000,00/hari dan sepengetahuan saya memang masih belum ada akses kapal ojeg menuju pulau ini.

Advertisements

One thought on “Menyelam di Pulau Tonda, Banten

  1. Pingback: mempromosikan blognya Si Ndut. « sugar and spice and everything nice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s