The damned United

Sebenernya film ini sudah lama saya tonton. Kebetulan memang saya adalah penggemar Ledds United. Bagi yang belum tahu, Ledds United meupakan klub yang sekarang berada di Divisi utama Liga Inggris alias divisi 2. Pada awal tahun 2000-an klub ini penah mencapai semifinal liga Champions sebelum akhirnya dikandaskan Oleh Valencia, waktu itu masih banyak berkumpul pemain muda semacam Alan Smith, Mark Viduka, Harry Kewel, Lee Bowyer, Paul Robinson. dengan diarsiteki manajer muda David O’Lerry, sehingga klub ini dijuluki ”The Young Guns”.

Film Damned United bersetting  pada akhir tahun 1970-an hingga 1980 menceritakan rasa seorang manajer Film ini berfokus pada tokoh Brian Clough (Sheen), yang di tahun 1972 merupakan salah satu manager klub sepakbola sukses setelah memimpin Derby County memenangkan Liga Inggris. Ia kemudian pindah ke Leeds United. Tempat dimana ia juga mencetak sejarah… sebagai manager dengan masa kepemimpinan tersingkat. Di Leeds, Clough dipecat hanya setelah 44 hari memimpin karena Leeds hanya berhasil memenangkan satu pertandingan.

Awal mula Brian Clough hengkang menuju Leeds United merupakan hasil pereteruannya dengan sahabatnya, Peter Taylor (Timothy Spall) yang sebelumnya saling membahu memenangkan Derby Country juara liga Inggris.Namun suatu ketika, para pemilik yang memegang saham Derby County meminta Brian untuk mengalah pada pertandingan melawan salah satu klub ternama karena alasan faktor materi. Lalu, Brian pun tidak menuruti permintaan mereka, karena ia sangat menjunjung tinggi sportivitas dalam sebuah permainan sepak bola. Akibatnya ia dan Peter Taylor pun dipecat dari Derby. Karena masalah ini persahabatan mereka pun diuji, Peter yang sudah sangat nyaman bekerja di Derby pun tidak terima dirinya dipecat karena ulah Brian. Akhirnya Brian menerima tawaran untuk menjadi manajer di klub kenamaan Leeds United, yang selalu menjadi 5 besar divisi I. Ternyata menangani klub yang namanya sudah besar tidak semudah yang diduganya. Di film ini juga diceritaan perselisihannya dengan Don Revie, manajer Leeds sebelumnya yang pada tahun tersebut sedang menukangi tim Inggris, menarik untuk diceritakan bahwa salah satu alasan kesalnya Brian terhadap Don Revie disebabkan hanya gara-gara rasa tidak hormat Don Revie yang menolak ajakan bersalaman Brian ketika pertandingan Derby vs Leeds .

Two tumbs up! Tali persahabatan antara Brian Clough dan Peter Taylor juga tervisualisasi dengan baik oleh Michael Sheen dan Timothy Spall, sampai-sampai adegan akhir film ini membuat saya tertawa keras. Film ini diangkat dari novel berjudul sama, The Damned Utd  karya David Peace, ditulis berdasarkan kisah nyata seorang Brian Clough yang disebut-sebut sebagai manajer klub sepak bola terbaik di Inggris sampai sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s