500 days of summer

Image

Adalah sebuah kebetulan  gw menonton film ini, kebetulan pada malam itu gw sedang bosen dan gw mencoba mengoprek-oprek kumpulan film yang gw punya entah kenapa ada satu judul film yang enggak tau kenapa film itu ada di kumpulan film yang gw punya, judulnya 500 days of summer kalo yang gw tau film ini merupakan salah satu film festival yang dipertunjukan di Jiffest kalo nggak salah…

Film ini bisa dibilang ceritanya agak lambat dengan plot yang diulang-ulang dari awal malah kita sudah tahu ending filmnya bakalan seperti apa, tapi justru itu yang jadi menarik ceritanya jadi ngak gampang ketebak dengan alur maju mundurnya kisahnya juga berasa nyata. Seorang pria bertemu wanita, kemudian berusaha untuk mendapatkan cinta si wanita, tapi berakhir dengan si pria kehilangan si wanita. Kisah sederhana itu yang diangkat menjadi sebuah film drama romantis yang seksi, pintar, bahagia dan menyedihkan.

Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) dan Summer Finn (Zooey Deschanel). Tom, seorang karwayan di perusahaan pembuat kartu ucapan, menyakini dirinya jika hidupnnya tidak akan bahagia sampai ia bertemu gadis pujaan hatinya jadi si Hansen ini orangnya percaya sama takdir dan percaya bahwa cinta sejati itu datang dari pandangan pertama hahaha dongeng abissss, lalu hadirlah seorang wanita bernama Summer Finn, asisten baru bos Tom. Dari awal pertemuannya dengan Summer, Tom yakin benar jika Summer adalah gadis yang telah ia tunggu-tunggu. Apalagi dengan sejumlah kesamaan hobi yang membuat Tom makin yakin jika Summer adalah belahan jiwanya.

Summer, mempunyai pandangan yang berbeda dengan Tom terhadap cinta, rasa trauma akibat percerairan orang taunya membuatnya tidak percaya terhadap takdir baginya cinta tidak membutuhkan komitmen. Menurut Summer, terikat dalam sebuah hubungan adalah hal yang merepotkan dan melukai perasaan banyak orang. Urusan serius semacam itu, dipikirkan nanti saja. Jadi dua orang ini memiliki pandangan yang sangat berbeda terhadap cinta.

Seiring berjalannya waktu, Summer dan Tom semakin dekat. Namun kedekatan itu tak membuahkan komitmen apapun. Prinsip Summer; saya senang kamu senang, jadi tidak perlu terikat hubungan bernama pacaran.

Lelah menjalani hubungan tanpa status yang jelas itu, Tom akhirnya meminta sebuah kepastian. Saat ditanyakan hal itu, Summer justru menganggap Tom sebagai sahabat terbaiknya. Hal inilah yang membuat hubungan mereka renggang dan akhirnya putus.

Summer kemudian menghilang dari hidup Tom. Dan Tom kembali menjejakan kaki di bumi setelah melayang beberapa waktu bersama Summer. Tom kembali menjadi pemurung dan memutuskan untuk berhenti dari kantornya dulu. Summer beberapa kali muncul kembali di kehidupan Tom. Bukan untuk kembali ke sisi Tom, melainkan mengabarkan berita pertunangannya dengan pria lain. Sontak hati Tom hancur berkeping-keping. Summer yang tidak percaya cinta, tidak ingin menjadi pacar siapapun, justru akan menjadi istri seseorang.

Di bagian khir film kedua tokoh ini kembali bertemu, yaitu di taman yang dulu sering mereka kunjungi, keduanya kembali bertemu. Summer sudah menjadi istri orang. Di situ, Summer menjelaskan apa yang terjadi. Kata Summer; “Suatu hari aku terbangun dan saya menyadari jika saya tidak pernah yakin dengan kamu.” Mendengar pernyataan itu, Tom pun menitikan air mata. Lebih lanjut Summer menjelaskan jika penyataan Tom tentang cinta itu benar. “Aku terus berpikir jika Tom benar tentang cinta. Tetapi kamu tidak benar tentang aku,”

Film ini memberikan sebuah pelajaran tentang takdir, ketertarikan satu sama lain, rasa tergila-gila pada lawan jenis, dan tentunya rasa patah hati ketika ditinggal sang kekasih…..

Hahaha ending yang cukup datar, banyak kali ya pasangan yang merasa kaya gini hehehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s