Stories about past !!

Kepulauan Seribu selalu merupakan tempat istimewa buat saya. Sedikit romatis sebetulnya. Hal ini terjadi sekitar awal pertengahan 2008 tahun yang lalu,  hari dimana saya pertama kali jatuh cinta pada laut. Hari itu langit terlihat cerah, panasnya matahari membuat keringat mendidih, waktu itu sekitar bulan Juni 2008. Predikat saya sebagai mahasiswa jurusan kelautan tingkat pertama saya awali dengan pembelajaran mengenai laut.

Hari dimana saya untuk pertama kalinya keluar dari hiruk pikuk kota dan bertemu dengan laut yang sesungguhnya. yup hari itu merupakan awal mula saya belajar bagaimana menjadi seorang penyelam. Setelah melalui rangkaian pendidikan dan latihan mengenai pengantar akademis penyelaman dan beberapa latihan keterampilan kolam , kami memulai kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama pendidikan dan latihan dengan kegiatan latihan perairan terbuka.  Kegiatan latihan perairan terbuka ini dilaksanakan di Pulau Semak Daun, bagian dari Kepulauan Seribu. Dengan waktu latihan selama kurang lebih seminggu, kami belajar dari menggunakan alat dasar selam hingga tiga hari-hari terakhir menggunakan alat SCUBA.

Teman seperjuangan

Teman seperjuangan

 

Waktu itu kami berjumlah total 16 orang dari 51 orang yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan FDC -IPB , Hari pertama dihabiskan untuk kegiatan materi dasar selam. Materi dasar selam ini terdiri dari renang 200 meter serta upnea sejauh kurang lebih 25 meter, sepanjang darmaga Pulau Semak Daun. Laut tampak tidak berdasar ketika saya memulai untuk melakukan renang sejauh 200 meter dan Upnea sepanjang darmaga. (sangat melelahkan).

Hari terakhir di Pulau SMACK DOWN

Hal-hal yang baru menurut saya ketika kita harus melakukan kegiatan buang air besar tanpa adanya WC, maka terpaksa pulalah kita bergaul dengan pasir, rupanya keterbatasan di alam memang harus memaksa kita untuk beradaptasi.

Hari-hari berikutnya dihabiskan dengan latihan serta briefing penyelaman, pada saat briefing ini kesalahan dan skill penyelaman kita dievaluasi secara menyeleruh. Ada satu cerita lucu ketika saya bersentuhan langsing dengan karang api, waktu itu mentor saya menyuruh untuk netral 90 di atas karang api, dasar karena pengetahuan saya yang kurang cukup mengenai bentuk dan jenis karang api, tak sengaja kulit saya bersentuhan langsung dengan karang, rasanya bisa dibilang cukup panas hahahahaha, kenangan yang tidak akan pernah saya lupa seumur hidup saya…..

Pulaangg di kapal

Hari terakhir merupakan bagian paling menyenangkan dimana kami mencoba untuk melakukan tuckdive sedalam kurang lebih 6-8 meter untuk melakukan ujian pengambilan koin, ”koin” pada saat di bawah air kami mencoba bersalaman dan melakukan tanda tangan untuk kemudian diberikan ”koin”. ” Koin” ini entah apa artinya, apakah kami sudah dinyatakan lulus atau tidak waktu itu saya tidak terlalu memperdulikan, bagi saya setahun belajar renang, upnea, push-up, SCUBA, PAP merupakan rentetan yang pasti ada ujungnya. Bisa dikatakan Hari itu merupakan salah satu titik awal, bukan titik akhir, merupakan salah satu kepuasaan tersendiri untuk bisa mengakhiri sesuatu dengan baik.

Saya bersyukur bisa sedikit paham mengenai laut yang sesungguhnya, dan setiap kali saya memandang ke belakang, saya menyadari bahwa hari itu adalah satu titik yang merubah hidup saya hingga sekarang ini.

Teman seperjuangan diklat 25

Ada ikatan kuat antara saya dan Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu bahkan bisa dikatakan sebagai pelarian sejenak saya untuk hilang dari peredaran carut marut kota, bahkan saya dulu melakukan praktek lapangan di kepulauan ekstra kecil ini.

Dan sejak saat itu mulai terbesit adanya keinginan untuk melindungi dalam arti yang sesungguhnya

 

 

 

Leave a Reply

