Pic Talk

Mandi katulistiwa

TAHUKAH Anda, konon, di laut lepas ada penguasa yang dihormati dan dijunjung tinggi oleh para pelaut sejati? Sang penguasa itu adalah Dewa Neptunus. Sang dewa penguasa tujuh samudera itu akan muncul ketika ada ritual khusus saat ”mewisuda” pelaut muda yang baru kali pertama melintasi garis khatulistiwa.

DSC_0589

Ya, bagi pelaut yang melintas pada posisi lintang nol derajat untuk kali pertamanya diharuskan mengikuti upacara mandi khatulistiwa. Sebuah upacara mandi yang bukan sekadar membasahi badan dengan air, tapi lebih mengarah pada sebuah upacara ”pembaptisan”.

Konon, upacara itu merupakan ritual yang ada sejak zaman Yunani. Ritual itu masih dijalankan oleh pelaut internasional sampai sekarang.

Dalam upacara pemandian itu, Dewa Neptunus, sang penguasa tujuh samudera akan datang didampingi permaisuri, algojo, dan para kurcaci.

Para pelaut meyakini, mereka yang telah mengikuti upacara mandi khatulistiwa akan mendapatkan keselamatan, kesehatan, dijauhkan dari segala gangguan, dan tidak akan mabuk laut saat berlayar mengarungi lautan di mana pun.

Nah, pengalaman ini saya alamin juga, di atas Kapal KRI Surabaya Bulan Agustus 2009 lalu  selepas acara Sail Bunaken 2009, sempet bingung juga awalnya disuruh dikumpulin ama para marinir pagi- pagi buta lagi di geladak kapal. Tiris pisan euy, tapi lumayanlah buat pengalaman seru- seruan banjur- banjuran mana banyak cowo- cowo pake celana kolor pula!! hehehehe

Udah gitu malam- malemnya saya beranikan diri buat nyanyi . Nggak sendirian  serulah !

DSC_0023

Leave a comment