Eksotisme Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

dear all, udah lama saya nggak nulis

ya ya pingin cerita lagi nech waktu saya kesempatan berjalan-jalan ke Taman Nasional Wakatobi di Provinsi Sulawesi Tenggara Indonesia. Wakatobi memiliki keindahan alam yang hampir sama dengan Taman Laut Bunaken. Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi sumber daya alam laut yang bernilai tinggi baik dan keunikan, dengan panorama bawah laut yang menakjubkan. Secara umum, air laut memiliki konfigurasi rata dengan landai ke laut Kedalaman air bervariasi, bagian lebih dalam 1044 meter dengan lantai dari sebagian besar berpasir dan berbatu . Taman nasional ini memiliki 25 buah terumbu karang dengan cluster di sekitar pantai pulau karang di 600 km. Lebih dari 112 spesies karang Acropora formosa 13 keluarga, a. Hyacinthe, Psammocora profundasafla, Pavona kaktus, Leptoseris yabei, Fungia molucensis, Lobophyllia robusta contoh Merulina, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, daun Tubastraea, Stylophora pistillata, throchelliophorum Sarcophyton. Kekayaan taman nasional yang dimiliki sebanyak 93 jenis ikan konsumsi dan perdagangan ikan hias, seperti bintik-bintik Argus (Cephalopholus argus), takhasang (naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), Napoleon (Cheilinus undulatus), ikan mas (Lutjanus biguttatus) baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, monostigma Lutjanus, Caesio caerularea dan spesies ikan lainnya.

Banyak orang yang bilang Wakatobi merupkan surga bawah lautnya Indonesia, Ketika  membuka mata saya di depan jendela kapal  yang terlihat hanya luasan hamparan laut yang dikelilini pasir putih, hoho pemandangan yang menakjubkan. Rasa mual dan pusing ketika menaiki kapal selama 13 jam dari Kendari pun hilang diganti denan pesona keindahan pantai pasir putih yang mengalir lurus mengelilini Pulau Wangi-wangi, tempat yang saya singahi. Pemandangan dari atas ini sangat indah, karena kita bisa melihat lautan serta pemandangan kota Wanci. Pemandangan sunrisenya juga tak kalah menarik karena terkesan matahari muncul dari lautan luas.

salah satu sisi eksotis pantai Di Pulau Wangi-wangi

Panasnya sinar mentari tak memupuskan semangat saya untuk mengkaji kondisi ekosistem terumbu karang di sana serta melihat pesona alam bawah laut yang membuat saya penasaran. takjub begitu saya melihat tebing-tebing tinggi menambah kesan eksotis Wakatobi, Turun pada kedalaman 7-10 meter untuk mengambil data. Kondisi perairan dengan tingkat kecerahan yang tinggi serta kontur perairan yang umumnya berbentu Wall atau tebing memberikan tantanan tersendiri untuk saya, setelah turun saya pun disambut    dengan beberapa schooling ikan yang terlihat menggerombol dengan warna-warna yang cantik seperti damselfish, serta yang menarik adalah ikan angel fish (Pygopliptes diacanthus ) yang memiliki warna dan sangat menggoda untuk diabadikan menggunakan kamera. Beberapa biota lain yang terlihat adalah ikan triger fish (Balistoides sp), serta gerombolan ikan baracuda yang memberikan sensasi tersendiri.

Perjalanan ke Taman Nasional Wakatobi: Kendari Bau-Bau dengan kapal cepat teratur setiap hari dua kali dengan perjalanan panjang dari lima jam atau setiap hari dengan perahu kayu selama 12 jam. Bau-bau Lasalimu untuk menaikkan roda empat kendaraan selama dua jam dan kemudian di tepi cepat Lasalimu Wanci selama satu jam atau kapal kayu Lasalimu-Wanci selama 2,5 jam. Wanci merupakan pintu pertama di wilayah Wakatobi Taman Nasional.

Salah satu pulau yang nampak terlihat seperti gunung pada saat perjalanan menuju Wakatobi
Ok segini aja tulisannya, maklum nggak bawa kamera
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s